Senin, 26 Mei 2014

Resep ingkung ayam kampung khas jawa

Advertisement
Resep ingkung ayam kampung khas jawa, Halo sistah bunda apakabar hari ini  semoga selalu sehat ya bunda sistah. Salam ichi-ichip dari ane ya, oke sistah kali ini kami akan sharing mengenai resep ayam ingkung khas solo-jogja . Seperti yang pernah anda ketahui jika anda sudah ikut kenduri maka akan ada sajiian khas yaitu ingkung ayam. nah ingkung ayam inilah yang sering menjadi idola atau makanan utama karena sebaigai menu lauk utamanya. Zaman dahulu ingkung ini adalah makanan paling wenak didesa, karena tidak bisa setiap hari anda menikmatinya, bahkan anda hanya bisa menikmati beberapa suir saja karena harus dibagikan kepada semua angota kenduri. Nah mungkin saja yang membuat makanan ayam ingkung ini begitu nikmat adalah sangking sedikitnya kita mendapatkannya, sehingga jika mendapat bagian tulang, akan dihabiskan sampai di kenyot-ken karena sangking enaknya he2.. (pengalaman pribadi) 

oke lanjut tentang Resep ingkung ayam kampung khas jawa, ingkung ayam adalah masakan yang dibuat dengan bahan dasar ayam, dengan cara masaknya direbus dengan bumbu rempah hingga matang kemudian di panggang di atas bara api yang panas sehingga aroma ayam pangganya terasa hingga ketulangnya. kalau masalah bumbu akan merasuk hingga kedalam karena proses masaknya mengunakan perbusan hingga airnya berkurang, apalagi ditambah santan didalamnya, ini tanpa bumbu penyedap pun sudah enak sekali gan. biasanya kalau saya dimakan dengan sambal jenggot. nah apa itu sambal jenggot, sambal yang terbuat dari parutan kelapa, dan cabai tahukan.  

Resep ingkung Ayam kampung


Resep ingkung ayam kampung khas jawa,
BAHAN :1 ekor ayam kampung utuh
2 sdm air jeruk nipis dan 1 sdt garam
2 batang daun bawang dan 2 batang seledri
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan
50 gram gula merah, sisir
2 sdm air asam jawa
750 ml santan dari 2 butir kelapa
2 sdm minyak goreng
Bumbu halus :
15 cabai merah besar
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
5 cm kunyit, panggang

CARA MEMBUAT :pertama : Cuci Ayam hingga bersih, lumuri dengan air jeruk nipis (agar empuk) dan garam, diamkan sebentar, cuci bersih kembali dan tiriskan.
Kedua : Daun bawang dan seledri, potong-potong dan masukkan kedalam rongga ayam (.sebagai aroma)
Ketiga : Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama daun jeruk, salam, serai dan jahe, hingga harum, masukkan ayam, santan, gula merah dan air asam jawa, masak hingga ayam lunak, angkat.
keemapat : Taruh ayam dalam pinggan tahan panas dan panggang hingga mengering,
angkat.
Yang terakhir:  Tata ayam sebagai pelengkap tumpeng.
 
Sajikan untuk : 6 orang

 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan info terbaru dan update mengenai Resep ingkung ayam kampung khas jawa. Semoga informasi yang telah kita sampaikan diatas mampu memberikan inspirasi memasak ayam untuk anda semua. khususnya yang sedang mencari resep cara membuat ayam ingkung. Saya rasa sekian dan terimakasih atas kunjugan anda semua, salam ichip-ichip dari ane.   
Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Resep Masak Ayam - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz