Senin, 07 Oktober 2013

Resep Bakso Ayam ala tukang bakso

Advertisement
Resep Bakso Ayam yang enak dan gurih bikin ketagihan ala tukang bakso di pasaran? simak berikut ini adalah resepnya. Mahalnya daging sapi saat ini yang mencapai angka 75ribu hingga 100ribu  per kilogram ternyata membuat para pengrajin usaha bakso berfikir keras bagaimana cara menekan biaya produksi namun kualitas rasanya juga terjaga. Banyak sekali saat ini yang menjual Bakso dengan bahan dari daging ayam mengingat harga daging ayam yang jauh lebih murah ketimbang harga daging sapi. Bergesernya beberapa tukang bakso ini demi menjaga pelanggan yang memang memiliki kemampuan untuk membeli masakan asal solo yang terkenal enak dan gurih ini. Nah karena saya mantan penjual bakso daging sapi (pernah 5 tahun di kalimantan bantu jual bakso sambil kuliah) dan pernah membuat beberapa kali dengan daging ayam ternyata sangat mudah membuatnya dan hampir sama dengan cara membuat bakso daging sapi. 

Rahasia simple Resep Bakso Ayam enak ala tukang bakso, sebenarnya terletak pada khuahnya, dan juga bumbu untuk membuat baksonya pasti berpengaruh, dan bahan bahan pun juga menyumbang faktor enaknya membuat bakso ayam ini. Nah untuk membuat kuah bakso yang enak pastikan anda memiliki tulang kaki sapi yang mengandung sumsum minimal 2 buah untuk 20 porsi. Saya sarankan kalau membuat bakso sebaiknya buatlah porsi besar sekalian ya minimal 20 porsi karena bakso buatan saya bisa tahan hingga 2 minggu tanpa bahan pengawet jika dimasukan ke lemari ES frezzer. saya sudah membuktikan berkali kali dan hasilnya tidak masalah tetap bisa dikonsumsi oleh keluarga. Oke lanjut ke resep membuat bakso ayam enak, lezat dan gurih,,, gurih,,,, gurih.
   

Bahan bahan membuat Bakso Ayam
4 KG daging Ayam minta di pisahkan tulangnya ( bilang ama yang jual mau digiling buat bakso)
1 Kg daging Sapi (bila kemahalan ya ganti saja dengan daging ayam) intinya 5 KG total dagingnya
1 ons tepung kanji (untuk perekat)
Es secukupnya (sudah disiapkan sama tukang pengilingan bakso)

(bahan ini bisa untuk membuat 50-60 Porsi) so kalau kebanyakan nanti anda buat 1/2 resep atau 1/4 resepnya)

Bumbu Membuat Bakso Ayam
1 gengam bawang putih kupas
2 sendok bawang merah goreng
1 Sendok teh MSG
1 Royko daging sapi
1 ons gula merah
1/2 sendok teh merica bubuk
1 saset kecap bangau Rp 2500an (agar warna menjadi coklat) 
2 butir Telor  
( bumbu ini nantinya dicampur saat menggiling daging di tempat penggilingan, kasihkan saja pada tukang gilingnya )


Cara membuat Bakso ayam
  1. Daging ayam yang sudah dipisahkan tulangnya di iris kecil2 dan digiling ditempat penggilingan dengan bumbu yang telah disiapkan diatas (proses pengilingan dua kali giling kasar dan halus)
  2. Setelah daging sudah menjadi adonan daging (campuran antara daging bumbu dan kanji) masukan kewadah baskom besar untuk di ulensi hingga kalis.
  3. Kemudian siapkan air hangat dalam wadah panci besar di depan kompor sambilkita cetak bulatanya mengunakan sendok dan tangan dengan cara meremas seperti membuat bulatan.
  4. Setelah semua adonan menjadi bulat bakso didalam panci yang berisi air panas tadi, didihkan bulatan bakso sambil diaduk jangan sampai keluapaan karena bisa bisa bakso anda pecah.
  5. Setelah mendidih angkat bakso dan dinginkan dengan meletakan pada wadah besar seperti tampah untuk mempercepat pendinginan gunakan kipas angin.
  6. Setelah itu jadilah bakso yang bisa anda gunakan untuk membuat segala macam masakan, bisa juga anda simpa di frezer dengan cara memasukan kedalam kantong plastik es ikat kuat2, untuk mencegah bau gunakan 3 sampai 4 plastik.   

Cara membuat kuah bakso enak ala tukang bakso
Bumbu kuah bakso
  • Bawang putih kupas 3 gengam
  • Bawang merah kupas 1 gengam
  • Daun  bawang diiris ambil bawahnya yang putih 1 gengam
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • 1 biji pala
Bumbu kuah diatas dimasukan dalam blander di haluskan hingga halus, keudian disangrai / digoreng hingga matang. warnanya kecoklatan
Sambil menunggu siapkan tulang kaki sapi 2 buah, masukan dalam panci berisi air panas didihkan kurang lebih 2 hingga 3 jam makin lama makin baik karena kaldunya akan keluar. 
Tambahlan air hingga pancinya 3/4 penuh.
Masukan bumbu kuah bakso kedalam panci tulangan tersebut. selesai tinggal menambah gula, garam, dan vitsin secukupnya.


Silahkan mecoba juga Resep Opor Ayam Khas lebaran | Resep Rahasia buktikan!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan info terbaru dan update mengenai Resep Bakso Ayam enak ala tukang bakso. Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua khususnya yang akan membuat bakso daging ayam yang mudah dan enak. Sekian dan terimakasih atas kunjugan anda.


Advertisement

1 komentar:

Unknown mengatakan...

resep bakso ayam ini sudah saya buktikan lho bunda, silahkan anda juga coba ya dirumah pasti pada ketagihan

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Resep Masak Ayam - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz