Rabu, 05 Februari 2014

Resep Opor Ayam Khas Lebaran | Resep rahasia

Advertisement
Resep cara masak Opor Ayam Khas Lebaran,  | Rahasia resep masak opor ayam rasanya enak, ternyata terdapat pada bahan yang digunakan dan cara pengolahan yang benar. kalau masalah bumbu memang semua resep opor sama tetapi untuk mendapatkan cita rasa Opor ayam khas yang enak dan lezat an rasanya gurih hingga resap ketulang rasa bumbunya bukan hal yang sulit ternyata. Yang pertama anda perhatikan adalah baha yang digunakan terutama daging Ayam, dan santan. Pilihlah ayam yang masih segar (fress) habis disembelih (bukan es2an) dan masih muda (agar empuk), saya menyarankan anda mengunakan ayam kampung saja demi kesehatan keluarga ada, ayam kampung memiliki kolesterol rendah dan sangat minim obat kimia seperti yang sering di tambahkan pada ayam potong biasa. Selanjutnya untuk santan pilihlah santan dari kelapa yang semanten alias tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.  Eits selain itu sistah dan bunda masih ada tretment lain yaitu cara masaknya silahkan simak dibawah ini. 

Bunda dan sistah mau buat Opor ayam yang rasanya nendag mau tahu rahasia membuat. Resep cara masak Opor Ayam Khas Lebaran enak bahkan tanpa MSG (vitsin) namun rasanya enak ini rahasianya. setelah bahan yang digunakan adalah bahan bahan pilihan, sekarang adalah cara memasaknya yang benar juga harus diperhatikan. kebanyakan membuat opor yang salah dapat menyebabkan santan menjadi pecah akhirnya rasanya kurang enak.  Untuk mendapatkan rasa masakan opor yang enak tanpa vetsin (MSG) anda bisa menambahkan campuran gula dan garam. Kalau garam pasti akan anda gunakan nah bagi yang belum tahu jarang sekali mengunakan gula padahal jika ditambah gula masakan akan menjadi enak apalagi ada santan, kombinasi daging ayam kamping, santan, gula, dan garam ini akan menghasilkan rasa yang sudah enak sekali tanpa MSG sekalipun saya jamin.   

Untuk treatment terakhir dari rahasia memasak adalah gunakan cinta dalam memasak, rasa cinta anda tambahkan saat memasak untuk keluarga. karena memasak adalah pahala yang besar bagi seorang bunda dikeluarga apalagi jika  masakan Opor Ayam Khas Lebaran anda ini berhasil dan enak. pastinya keluarga anda akan senang. untuk yang muslim silahkan bersholawat baik dalam hati maupun bisa sambil bersuara selain menambah pahala suasana santai dan tenang penuh cinta (faktor psikologis positif) akan menambah cita rasa masakan anda. Karena measak adalah suatu seni, jangan terlalu mengandalkan resep kembangkan kreatifitas anda setelah anda berhasil, otak atik bumbu agar sesuai selera anda. 





Bahan opor ayam khas Lebaran  
  • 1 ekor Ayam kampung muda (alternatif terakhir ayam  potong) dipotong 8 bagian
  • 1 Butir Kelapa. (di jadikan satan bisa ada parutkan dipasar.
  • minyak goreng secukupya untuk menumis bumbu
Bumbu Opor Ayam 
  • setengah jari kunyit ( Bumbu aroma masakan)
  • 1/4 sendok teh merica
  •  1 cm laos
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
  • 6 buah bawang merah segar ( Bumbu penyedap masakan)
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok makan gula merah  (bisa gula putih)
  • garam secukupnya

 Cara memasak opor ayam spesial khas lebaran
  1. Siapkan ayam, Bersihkan ayam  yang sudah dipotong-potong menjadi 8, kemudian sisihkan
  2. Kelapa Parut yang sudah siap, lalu peras hingga menghasilkan santan kental dan santan cair encer.
  3. Haluskan semua bumbu diatas tadi jangan lupa kunyitnya, semua bahan dihaluskan kecuali sereh(hanya digeprek), daun salam dan laos.
  4. Tumis bumbu halus dan sereh, daun salam dan laos hingga aromanya harum 
  5. Masukkan santan cair dalam bumbu yang sudah ditumis 
  6. kemudian masukan semua daging ayam hingga setengah matang lalu tuangi dengan santan kental.
  7. Biarkan sampai daging ayam matang/empuk. gunakan api kecil jika udah mendidih agar bumbu meresap.
  8. sajikan untuk 8 porsi dan tambahkan ketupat untuk pelengkapnya
untuk mendapatkan masakan yang enak perlu kesabaran jangan gunakan api besar sesuatu yang instan tidak selalu menghasilkan hasil yang maksmal.Api kecil dalam memaak membuat tingkat kematangan yang sempurna.
 
Note : agar santan tidak pecah
Saat menumis bumbu jangan langung anda tambahkan santan kental, tambahka saja santan encer setelah menumis lalu masukan ayam hingga 

Demikianlah sistah dan bunda yang berbahagia, informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan Resep Opor Ayam Khas Lebaran | Rahasia resep opor ayam enak dan lezat .  Semoga informasi yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk bunda dan sistah yang lagi mencari resep opor ayam. saya yakin jika dijalankan dengan benar insyaAllah resep opor ayam diatas rasanya enak. Monggo di coba bunda dan sistah. Sekian dan terimakasih salah ichip ichip bunda.
Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Resep Masak Ayam - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz